FENOMENA CYBERBULLYING DI JEJARING SOSIAL WHATSAPP ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO )

Boby Iman, Nurhakim (2022) FENOMENA CYBERBULLYING DI JEJARING SOSIAL WHATSAPP ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO ). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Boby Iman Nurhakim - 1817102053.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena cyberbullying yang terjadi pada 3 mahasiswa muslim yang menjadi korban dalam kasus cyberbullying yang tidak memandang korban yang akan dijadikan sasaran baik laki-laki maupun perempuan. Adapun beberapa pokok permasalahan yang dibedah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana bentuk Cyberbullying yang dialami 3 mahasiswa korban di whatsapp gruoup kelas mahasiswa muslim KPI Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2018; 2) Dampak sosial kehidupan yang dialami korban Cyberbullying di whatsapp gruoup kelas mahasiswa muslim KPI Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2018; 3) Upaya yang dilakukan korban dalam menghadapi Cyberbullying. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dengan melihat fenomena cyberebullying ini adalah Teori Kekerasan Simbolik dengan 3 konsep habitus, lingkungan (field) dan modal. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1) Bentuk cyberbullying yang dilakukan pelaku kepada para korban berupa menyebarkan foto-foto aib korban dengan kata-kata yang tidak sopan, lalu mengolok-olok, menghujat, memberikan komentar jahat kepada si korban; 2) Dengan mendapatkan masalah tersebut para mahasiswa juga mengalami dampak yang sangat buruk, sepert berkurangnya jiwa sosial kepada sesama, prestasi menurun, menjadi lebih banyak diam dan tidak mau bergaul dengan temannya; 3) Penyelesaian yang dilakukan dengan membicarakan dengan cara kekeluargaan, meminta pertanggung jawaban kepada pelaku atas perlakuannya terhadap si korban, karena memang peran tanggungjawab sangat penting dalam menyelesaikan masalah cyberbullying yang dialami para mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cyberbullying, Whatsapp Group, Mahasiswa Muslim
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: BOBY MAN NURHAKIM sdr
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:57
Last Modified: 16 Aug 2022 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item