NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PUISI MASJID SAKA TUNGGAL KARYA ABDUL WACHID B. S. DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Aisyah, Khoirunnisa (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PUISI MASJID SAKA TUNGGAL KARYA ABDUL WACHID B. S. DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-AISYAH KHOIRUNNISA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manusia diciptakan dengan memiliki akal pikiran dan hawa nafsu sekaligus memiliki potensi untuk memilih jalan yang baik ataupun yang buruk dalam kehidupannya, yang karena itulah manusia mengemban tugas sebagai khalifah di bumi. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kepribadian seseorang. Manusia merupakan subjek dan objek utama dalam pendidikan, namun belakangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi terkesan monoton. Untuk itu menjadi tugas para pendidik untuk menambahkan alternatif dalam pembelajarannya agar kegiatan belajar-mengajar terasa menarik. Pendidikan Islam merupakan rangkaian dari proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada peserta didik lewat pertumbuhan dan perkembangan potensi fitrahnya, baik dari aspek spiritual, aspek intelektual maupun dari aspek fisiknya sehingga akan tercapai keseimbangan dan kesempurnaan hidup dengan segala aspeknya yang selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam. Sedangkan puisi merupakan karya sastra berupa serangkaian kata yang mampu mengungkapkan isi pikiran, ide dan perasaan seorang penyair dengan susunan yang baik dan indah. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang dibahas adalah “Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam puisi Masjid Saka Tunggal karya Abdul Wachid S. S. dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam?”. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengkaji dan mendeskripsikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Puisi Masjid Saka Tunggal Karya Abdul Wachid B. S. dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa puisi dengan judul Masjid Saka Tunggal karya Abdul Wachid B. S. mengandung nulai-nilai pendidikan islam, yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan ibadah, puisi dengan judul Masjid Saka Tunggal karya Abdul Wachid B. S. relevan dengan bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga materi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas (SMA), dan juga penggunaan naskah puisi atau naskah karya sastra yang lain akan mempermudah penyampaian materi Pendidikan Agama Islam, selama karya sastra itu relevan dengan isi kandungan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Puisi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Khoirunnisa sdr
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:08
Last Modified: 15 Aug 2022 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item View Item