PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD IT TAHFIZHUL QUR’AN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Intan, Lailatus (2022) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD IT TAHFIZHUL QUR’AN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INTAN LAILATUS SAFAAH_PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR'AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD IT TAHFIZHUL QUR'AN HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tahfidz di SD IT Tahfizhul Qur'an Harapan Ummat Purbalingga selama masa pandemi dilaksanakan dengan berbagai upaya penyesuaian dan memberikan bimbingan tambahan sehingga tetap mencapai target atau sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai pembelajaran tahfidz Al Qur’an di SD IT Tahfizhul Qur'an Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini dilaksanakan dengan riset lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tahfidz Al Qur’an ada penyederhanaan target, dari yang awalnya satu semester setengah juz menjadi satu tahun setengah juz, perubahan sistem pembelajaran, metode pembelajaran menggunakan metode tallaqi dan metode ilman wa ruuhan. Proses pembelajaran selama daring dilakukan dengan menggunakan media online seperti whatsapp, zoom atau google meet. Pada saat pembelajaran blended learning atau perpaduan pokjar dan online yang membolehkan orangtua memilih pokjar atau online. Pada saat pembelajaran tatap muka 50%, kepala sekolah dan guru membagi kelas bergantian hari. Evaluasi atau penilaian setoran selama daring dilaksanakan melalui media whatsapp atau perangkat online sedangkan selama luring dilaksanakan secara langsung. Jika ada yang belum tercapai guru melakukan tindakan, selama daring dengan cara online berkoordinasi dengan orangtua kemudian jika masih kurang maksimal guru meminta siswa datang ke sekolah untuk mendapatkan bimbingan langsung. Sedangkan selama luring, guru memberikan tambahan jadwal khusus atau bimbingan baik saat pembelajaran berlangsung maupun di luar pembelajaran atau sepulang sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfidz Al Qur’an, Pandemi, Sekolah Dasar.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Lailatus Safaah
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:18
Last Modified: 12 Aug 2022 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item View Item