PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING IBADAH SHALAT PADA ANAK USIA DINI DI DESA BOJA KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Iis, Syakiroh (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING IBADAH SHALAT PADA ANAK USIA DINI DI DESA BOJA KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IIS SYAKIROH_PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING IBADAH SHALAT PADA ANAK USIA DINI DI DESA BOJA KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Memberikan pendidikan kepada seorang anak yang sudah mulai tumbuh merupakan sebuah keharusan dan kewajiban bagi orang tua, lebih-lebih pendidikan shalat. Karena pentingnya pendidikan shalat ini, sesampai pada sebuah hadis Rasulullah saw memerintahkan kepada orang tua untuk menyuruh anak-anak mereka untuk melaksanakan shalat pada umur 7 tahun dan memukulnya pada umur 10 tahun apabila anak meninggalkan shalat. Orang tua harus mendidik anak-anak sejak usia dini untuk mengenal ibadah shalat. Karena saat usia dinilah mereka akan mudah menyerap pelajaran-pelajaran dan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam membimbing ibadah shalat pada anak usia dini di Desa Boja Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati dan menganalisis peran orang tua dalam membimbing ibadah shalat pada anak usia dini. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan Field Research. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua di Desa Boja Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap mampu berperan dalam membimbing ibadah shalat pada anak usia dini. Peran orang tua dalam membimbing ibadah shalat pada anak usia dini antara lain, peran sebagai pendidik, peran sebagai motivator, peran sebagai fasilitator, dan peran sebagai pembimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Ibadah Shalat, Anak Usia Dini
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Iis Syakiroh sdri
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:54
Last Modified: 12 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item