ADAPTASI AKADEMIK DEMISIONER KETUA ORGANISASI KEMAHASISWAAN FAKULTAS DAKWAH UIN PROF K.H.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO PERIODE 2020

Aditya, Wisnu Aji (2022) ADAPTASI AKADEMIK DEMISIONER KETUA ORGANISASI KEMAHASISWAAN FAKULTAS DAKWAH UIN PROF K.H.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO PERIODE 2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ADITYA WISNU AJI_ADAPTASI AKADEMIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang pernah aktif di organisasi kemahasiswaan atau demisioner ketua organisasi kemahasiswaan mudah terlena dengan kesibukan-kesibukan yang dijalani ketika bertugas di sebuah kepengurusan. Bagi seorang demisioner ini merupakan tantangan besar setelah berupaya maksimal dalam menjalankan tugas-tugas organisasi kemahasiswaan diperlukan adanya adaptasi akademik agar dapat kembali fokus kepada tujuan awal mahasiswa yaitu mencari ilmu dan menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang Demisioner Ketua Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Dakwah UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto yaitu AR, IM, AS, NR dan SK . Hasil penelitian ini menujukan bahwa adaptasi akademik dilakukan agar mahasiswa demisioner mampu beralih fokus terhadap kondisi akademiknya. Beberapa problem yang dialami informan merupakan problem pembagian waktu antar peran, problem pelaksanaan penelitian, dan ketertinggalan akademik. namun ada salah satu informan yang berhasil melakukan adaptasi akademik ini sehingga berhasil tepat waktu, sedangkan beberapa informan memiliki problem yang telah disebutkan diatas. Adapun adaptasi akademik yang dimaksud merupakan pengalihan kegiatan keorganisasian terhdap kegiatan akademik dan pengerjaan skripsi, sehingga dengan adanya adaptasi akademik pada mahasiswa demisoner sangat relevan guna mengalihkan fokus utamanya kepada akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Akademik, Demisioner, Organisasi Kemahasiswaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdr Aditya Wisnuaji
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:50
Last Modified: 12 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item