PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGHITUNG LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER II PADA MIMA NU 01 PETAHUNAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PALAJARAN 2013 / 2014

AGUS SUBEKTI, NIM. 1123306079 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGHITUNG LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER II PADA MIMA NU 01 PETAHUNAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PALAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AGUS SUBEKTI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGHITUNG LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER II PADA MIMA NU 01 PETAHUNAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua Siklus Perbaikan Pembelajaran dengan subyek penelitian siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dengan jumlah 11 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan dengan bertujuan untuk mengetahui melalui alat peraga media benda kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan menghitung luas gabungan bangun datar. Adapun Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : 1. Observasi, digunakan sebagai studi awal untuk mengetahui hasil belajar matematika pokok bahasan menghitung luas gabungan bangun datar. 2. Tes, digunakan untuk menguji kemampuan teoritis siswa. Sedangkan Analisis Data diperoleh dengan Analisis Deskriptif yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh pada Pra Siklus akhir Siklus I dan Siklus II. Hasil analisis data selanjutnya direfleksi dan disimpulkan. Hasil penelitian yang diperoleh dari studi awal hasil belajar matematika pokok bahasan menghitung luas gabungan bangun datar pada siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, yang mencapai Nilai Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60, pada studi awal hanya 3 siswa atau 27,27 % dari 11 siswa dengan nilai rata-rata 50,9 dan Siklus I sebanyak 7 siswa atau 63,63% dari 11 siswa dengan nilai rata-rata kelas adalah 72,72. Adapun Siklus II meningkat menjadi 10 siswa atau 90,9% dengan nilai rata-rata kelas menjadi 78,2. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa, melalui media benda kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang luas gabungan bangun datar pada siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dengan tingkat ketuntasan sebanyak 10 siswa atau 90,90% dari 11 siswa dengan nilai rata-rata 78,2 adapun satu siswa yang tidak tuntas karena adanya faktor kelainan pada diri siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media benda kongkrit mata pelajaran matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Nov 2016 08:22
Last Modified: 14 Nov 2016 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item