MANAJEMEN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MIN PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Nurrahmawati, NIM: 1123303054 (2015) MANAJEMEN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MIN PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NURRAHMAWATI_MANAJEMEN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MIN PURWOKERTO KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehsebuah kenyataan bahwajumlah siswa MIN Purwokerto dari tahun ke tahun semakin meningkat. MIN Purwokerto juga memprediksikan mulai Tahun 2016/2017 memiliki 760 siswa yang tersebar dalam 24 rombongan belajar dengan rata-rata jumlah siswa per kelas 28-32 anak. Sedangkan pada sarana dan prasarana serta gedung pendidikannya masih kurang memadai untuk menampung jumlah peserta didik. Salah satu jalan mengatasi masalah tersebut ialah dengan cara sekolah menyediakan sarana dan prasarana sekolah berupa tanah/lahan pendidikan, gedung sekolah, buku-buku, serta perlengkapan atau peralatan sekolah. Maka diperlukan adanya manajemen pengadaan sarana dan prasarana yang baik. Oleh karena itu, manajemen pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN Purwokerto sangatlah urgen demi mensukseskan tujuan dan hasil yang telah direncanakan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan manajemen pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas berupa analisis kebutuhan sekolah dan perencanaan pengadaan sarana prasarana sekolah (tanah, bangunan, buku dan peralatan/perlengkapan). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Sarpras dan Kepala TU. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa manajemen pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas menggunakan pendekatan analisis kebutuhan sekolah yang juga difokuskan pada standar sarana dan prasarana sekolah. Proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan cara membeli, menyewa, membangun gedung pendidikan baru, hibah bantuan Pemerintah. Dana pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN Purwokerto berasal dari dana APBN, infaq wali murid dan APBS. Kendala dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN Purwokerto adalah kurangnya kesadaran SDM/cara kerja SDM belum maksimal dan hal-hal yang tidak bisa di prediksi. Sedangkan pendukungnya adalah berupa adanya dukungan baik dari Pemerintah, masyarakat atau orang tua dari wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen,Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Nov 2016 07:57
Last Modified: 14 Nov 2016 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item