PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGHADAPI MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Wulan Ayu, Budiningsih (2022) PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGHADAPI MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WULAN AYU BUDININGSIH-Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menghadapi Moral Siswa di SMA Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mengolah input dan output peserta didik agar menjadi generasi yang bukan hanya unggul akademis tetapi juga berbudi luhur melalui pendidikan moral sehingga ketiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotor teraktualisasikan secara seimbang. Adapun pihak sekolah khususnya guru PAI dan Budi Pekerti pasti menghadapi problematika dalam mengembangkan ketiga aspek kepribadian tersebut, salah satunya permasalahan terkait moral anak didiknya. Pokok bahasan dalam skripsi ini adalah problematika guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menghadapi moral siswa di SMA Negeri 1 Randudongkal, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui moral siswa kelas X di SMA Negeri 1 Randudongkal, 2) mengetahui upaya Guru PAI dan Budi Pekerti dalam menghadapi moral siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) karena pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Penelitian ini menganalisis data secara induktif yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian problematika guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menghadapi moral siswa di SMA Negeri 1 Randudongkal menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru PAI yaitu terkait moral siswa, dimana moral siswa kelas X cukup baik karena menurunnya moral tersebut masih dalam batas wajar. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan guru PAI dan Budi Pekerti seperti pendidikan moral, pembinaan, pendekatan, dan home visit demi memperbaiki akhlak dan moral peserta didik. Tetapi hal demikian harus selalu dalam pantauan pihak sekolah maupun guru serta dukungan dari keluarga maupun masyarakat. Guru dan orang tua harus saling bekerja sama dalam mendidik, membimbing, serta mengarahkan kepada peserta didik agar berperilaku yang menunjukkan akhlak mulia yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menjadi generasi yang cerdas secara intelektual juga memiliki moral yang berjiwa Islami. Kata kunci: Problematika Guru, Pendidikan Agama Islam, Moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Pendidikan Agama Islam, Moral.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WULAN AYU BUDININGSIH
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:18
Last Modified: 11 Aug 2022 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

View Item View Item