PENERAPAN SISTEM FUN DAY DALAM PEMBELAJARAN SANTRI DI TPQ DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

LISTIA, KURNIATI (2022) PENERAPAN SISTEM FUN DAY DALAM PEMBELAJARAN SANTRI DI TPQ DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LISTIA KURNIATI_1817402152.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TPQ Darul Abror memiliki satu keunikan dalam proses pembelajaran yaitu sistem fun day. Sistem Fun Day adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Selasa dengan konsep yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan fun day diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi santri TPQ agar tidak merasa bosan. Dalam kegiatan ini, siswa dapat belajar dengan santai dan ceria tanpa rasa tegang. Motivasi di balik penelitian dengan judul Penerapan Sistem Fun Day dalam pembelajaran santri di TPQ Darul Abror Watumas, Purwokerto Utara, adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan sistem fun day dalam pembelajaran santri di TPQ Darul Abror Watumas, Purwokerto Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan lokasi penelitian di TPQ Darul Abror Watumas, Purwokerto Utara. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dirancang untuk mengumpulkan informasi sesuai data yang diperoleh. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah penerapan sistem fun day dalam pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada kegiatan fun day di TPQ Darul Abror Watumas, Purwokerto Utara. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah ketua beserta pengurus seluruh ustaz TPQ Darul Abror. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem fun day ada pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi. Dalam pembelajaran santri TPQ Darul Abror terdapat langkah-langkah dalam proses pembelajaran. Pertama, Perencanaan Pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya rencana yang jelas, terstruktur dan ada rapat bersama untuk teknis pelaksanaannya. Kedua, Proses Pelaksanaan Pembelajaran yang mempunyai tujuan, rencana dan penggarapan materi khusus yang dibimbing langsung oleh ustaz TPQ Darul Abror, supaya santri dapat berperan aktif dalam mencapai hasil yang maksimal. Ketiga, Evaluasi Pembelajaran yang bertujuan mengevaluasi agar pembelajaran lebih baik lagi kedepannya. Dalam penelitian, peneliti melakukan observasi sebanyak sepuluh kali terhadap kegiatan fun day di TPQ Darul Abror agar data yang diperoleh lebih valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Penerapan, Sistem Fun Day, TPQ
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Listia Kurniati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:59
Last Modified: 10 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item View Item