Optimalisasi Penanaman Nilai-nilai Insaniyah melalui Kegiatan Literasi Santri di Komunitas Pondok Pena Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto

Nailiyatul, Izzah (2022) Optimalisasi Penanaman Nilai-nilai Insaniyah melalui Kegiatan Literasi Santri di Komunitas Pondok Pena Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAILIYATUL IZZAH FULL_1817402072.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai insaniyah merupakan nilai kemanusiaan yang berupa bentuk tingkah laku dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai insaniyah pada seseorang dapat dilakukan melalui tahap pemberian informasi kepada seseorang kemudian dari informasi tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis mengenai pengoptimalisasian penanaman nilai-nilai insaniyah yang dilakukan oleh lembaga pesantren yang dipandang mampu mengupayakan agar memiliki kepribadian yang baik. Pesantren Mahasiswa An Najah merupakan salah satu lembaga pesantren yang mampu menanamkan nilai-nilai insaniyah melalui sebuah komunitas yang bernama Pondok Pena. Komunitas Pondok Pena yang berbasis literasi dapat pula mengoptimalkan penanaman nilai-nilai insaniyah pada setiap santri di Pesantren Mahasiswa An Najah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai insaniyah di Komunitas Pondok Pena Pesantren Mahasiswa An Najah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan data disajikan secara analisis deskriptif, pengumpulan data yang pulis gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai kegiatan penanaman nilai-nilai insnaiyah melalui kegiatan literasi santri di Komunitas Pondok Pena Pesantren Mahasiswa An Najah Puwokerto. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode atau cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai optimalisasi penanaman nilai-nilai insaniyah melalui program kegiatan yang dilaksanakan di Komunitas Pondok Pena Pesantren Mahasiswa An Najah antara lain berupa menciptakan sikap solidaritas, mampu melakukan kerjasama dalam hal kebaikan, mampu melakukan kerjasama dalam hal kebaikan, melatih berpikir rasional dan kritis, memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sekitar, tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan. Adapun kegiatan literasi secara umum antara lain membaca, proses menambah pengatahuan dan keterampilan, ,kemampuan seseorang berpikir kritis, mampu berkomunikasi secara efektif, mampu mengembangkan potensi, serta mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Nilai-nilai Insaniyah, Kegiatan Literasi Santri
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nailiyatul Izzah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:17
Last Modified: 10 Aug 2022 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item