IMPLEMENTASI METODE EJA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Maretanisa, Windansa Putri (2022) IMPLEMENTASI METODE EJA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARETA~1.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca hal dasar yang harus dikuasai oleh siswa khususnya siswa sekolah dasar. Dengan membaca akan mengetahui segala informasi yang ada pada saat pembelajaran. Banyaknya siswa kelas 1 dalam keterampilan membaca masih mengalami kesulitan, ini menjadi perhatian khusus guru terhadap siswa. Metode eja bertujuan untuk menunjang keberhasilan keterampilan membaca siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Pada Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa melalui sarapan pagi pada pengimplementasian metode eja dalam keterampilan membaca siswa menggunakan sumber buku tematik. Keberhasilan dari pengimplementasian metode eja sangat signifikan terhadap keterampilan membaca siswa. Ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca, menulis. Jenis keterampilan membaca siswa yaitu membaca nyaring dan membaca senyap. Dalam proses pembelajaran keterampilan membaca siswa terdapat faktor keberhasilan ataupun hambatan yang meliputi faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eja, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MARETANISA WINDANSA PUTRI
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:18
Last Modified: 09 Aug 2022 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item