Sukses Belajar dalam Perspektif Kitab 'Awaiq at-Talab Karya Syaikh 'Abdussalam bin Barjas bin Nashir Alu 'Abdulkarim

Rizal Fikri, Firmansah (2022) Sukses Belajar dalam Perspektif Kitab 'Awaiq at-Talab Karya Syaikh 'Abdussalam bin Barjas bin Nashir Alu 'Abdulkarim. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rizal Fikri Firmansah_SKRIPSI Pasca Revisi Terbaru.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan inti dari pendidikan. Tak jarang ditemui fenomena yang menimpa banyak dari seseorang yang belajar mengalami kegagalan dalam belajar. Ini dimana mereka tidak mendapatkan hasil dari usaha belajarnya berupa perubahan tingkah laku. Sehingga hal tersebut menyebabkan seseorang tidak meraih kesuksesan dalam belajarnya. Relevan dengan latar belakang tersebut, kitab ‘Awa>iq at}-T{alab ini merupakan kitab yang berbicara mengenai sejumlah hal-hal yang dapat menghambat seseorang dari proses belajarnya, mulai dari hal-hal yang berasal dari dalam diri siswa maupun lingkungannya. Di dalamnya juga dibahas bagaimana mengatasi hambatan yang ada tersebut. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana cara sukses belajar dalam perspektif kitab ‘Awa>iq at}-T}alab serta relevansinya dalam pembelajaran. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui metode dokumentasi dengan pengggalian data menggunakan teknik analisis isi. Data bersumber dari kitab ‘Awa>iq at}-T}alab untuk data primer dan dilengkapi dengan data sekunder berupa kitab, buku, dan jurnal yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kunci sukses belajar dalam perspektif kitab ‘Awa>iq at}-T}alab adalah dengan terbebas dari sejumlah kendala yang dapat menghambat seseorang dalam belajar kaitannya dengan beberapa hal seperti: niat, praktik, cara belajar, kompetensi seorang pengajar, prinsip belajar, dan sikap-sikap tercela dalam diri. Hambatan-hambatan tersebut merupakan hambatan yang relevan permasalahannya dalam pembelajaran. Kemudian dapat diatasi melalui kontribusi guru seperti pendekatan, metode yang baik dan benar, kompetensi yang memadai, bimbingan dan pembiasaan. Sehingga dengan hal tersebut seseorang yang belajar dapat meraih kesuksesan dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sukses, Belajar, Kitab ‘Awaiq at-Talab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Fikri Firmansah
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:41
Last Modified: 09 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item