PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR KEPEDULIAN TERHADAP HEWAN PELIHARAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SENON KEMANGKON PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015

ARIF BUDIONO, 102336028 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR KEPEDULIAN TERHADAP HEWAN PELIHARAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SENON KEMANGKON PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARIF BUDIONO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA KOMPETENSI DASAR KEPEDULIAN TERHADAP HEWAN PELIHARAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SENON KEMANGKON PURBALINGGA TH PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon, rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon Kemangkon Purbalingga yang berjumlah 15 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. PTK ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap kali pertemuan terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membuktikan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon. Hal ini terbukti dengan naiknya hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon pada mata pelajaran IPA. pada pra siklus dari 15 siswa yang tuntas KKM hanya 7 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak 47% Sisanya 8 siswa masih berada dibawah KKM atau 53%, dengan nilai rata-rata kelas 63.33. Pada siklus I terjadi kenaikan hasil belajar yaitu sebanyak 10 siswa dari 15 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon mendapatkan nilai baik yaitu berada diatas KKM atau 67%, sebanyak 5 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (33%). Dengan nilai rata-rata kelas 73.33. Sedangkan pada siklus II dari 15 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Senon 13 siswa mendapatkan nilai baik yaitu berada pada batas KKM dan diatas KKM atau 87%, sebanyak 2 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (13%). Dengan nilai rata-rata kelas 78.40 Sesuai dengan indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata kelas telah mencapai nilai 70 dan nilai tersebut telah dicapai oleh sekurang-kurangnya 70% dari jumlah siswa, maka tindakan ini dinyatakan berhasil. Karena pada siklus II nilai rata-rata kelas telah mencapai 78.40 dan ketuntasan siswa telah mencapai 87% maka penelitian ini telah berhasil dan hipotesis yang penulis ajukan diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah Senon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:49
Last Modified: 14 Nov 2016 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item