PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IBADAH SHOLAT DI SD MUHAMMADIYAH 01 CILACAP

MASKANAH, 1223304023 (2015) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IBADAH SHOLAT DI SD MUHAMMADIYAH 01 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MASKANAH_PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IBADAH SHOLAT DI SD MUHAMMADIYAH 01 CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen yang paling sering mendapat perhatian dalam proses pembelajaran adalah metode. Berhasil tidaknya dalam program pembelajaran di pengaruhi oleh metode yang di gunakan. Sebab metodelah yang paling menentukan isi, dan cara dalam menyampaikan pelajaran. Peserta didik bisa memahami pelajaran yang di sampaikan oleh guru apabila guru dalam menyampaikan pelajaran dengan metode yang baik. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat di gunakan guru dalam pembelajaran ibadah sholat, sebab dengan metode demonstrasi peserta didik bisa melihat langsung tata cara shoalat secara benar, dan di harapkan nantinya peserta didik bisa melksanakanshaolat dengan baik dan di praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termassuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam kegiatan penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru mata peljaran Pendidikan Agama Islam, Kepala SD Muhammdiyah, dan siswa kelas rendah SD Muhammadiyah 01 Cilacap.Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah sholat.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengethui metode pembelajaran yang di gunakan dalam pembeljaran sholat sekaligus penerapannya. Metode pengumpulan data yang di gunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan metde analisis data yang penulis gunakan meliputi tiga tahap kehietan yaitu tahap reduksi data/data reduction, tahap penyajian data/data display, dan tahap penerikan kesimpulan/conlusion drawing atau verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode yang tepat yaitu metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah sholat untuk meudahkan siswa dalam menerima dan memahami pembelajaran ibadah shaolat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Ibadah Sholat.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:20
Last Modified: 15 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item