INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK TAMANSISWA PURWOKERTO

Titi, Ambarwati (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK TAMANSISWA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TITI AMBARWATI_1817402086_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural adalah sebuah upaya menyampaikan informasi dengan memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai yang tadinya bersifat eksternal menjadi nilai internal yang didalamnya mengandung wawasan multikultural. Dengan demikian, proses internalisasi nilai- nilai pendidikan multikultural tersebut dapat terintegrasi dengan pembelajaran PAI. Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI menjadi kebutuhan yang penting agar dapat membekali peserta didik dengan nilai-nilai dan sikap yang mampu membentuk karakter sehingga tercermin dalam perilaku sehari-hari peserta didik baik di sekolah maupun lingkungan masyarakatnya sehingga memiliki wawasan untuk menghadapi berbagai persoalan yang berhubungan dengan keberagaman kultur, ras, agama, suku, bahasa dan etnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SMK Tamansiswa Purwokerto. Jenis penelitian ini yaitu dengan melakukan riset lapangan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMK Tamansiswa Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SMK Tamansiswa Purwokerto, berdasar pada hasil analisis data yaitu nilai yang ditanamkan antara lain: a) Kemerdekaan, b) Kebudayaan, c) Kemanusiaan atau Humanisme, d) Kebangsaan, e) Toleransi, f) Demokratis, g) Kesetaraan, h) Pluralisme dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI sesuai dengan indikator yang diteliti dengan menggunakan metode yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, dan pengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Pendidikan Multikultural, Pembelajaran PAI
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Titi Ambarwati sdri
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:45
Last Modified: 08 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item