NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB NIAT INGSUN NGAJI KARYA K.H. BADAWI HANAFI KESUGIHAN CILACAP

Dhea, Alfa Reza (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB NIAT INGSUN NGAJI KARYA K.H. BADAWI HANAFI KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dhea Alfa Reza_nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab niat ingsun ngaji karya K.H. Badawi Hanafi Kesugihan Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada zaman yang semakin berkembang dan perubahan sosial yang selalu dinamis, banyak manusia yang menyimpang dari ajaran tauhid sehingga mengesampingkan sisi spiritualitas, terlalu menyibukkan diri pada dunia, karena tidak bisa menghadirkan Allah pada setiap sisi kehidupannya. Manusia yang akidahnya tidak kokoh amat sangat rawan terjerumus oleh berbagai macam kerancuan dalam pemikiran, keraguan, bahkan jika mereka sudah berputus asa, mereka beralih kepada kesenangan duniawi seperti narkoba, korupsi, pesugihan, seks bebas dan lain-lain. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan nilai-nilai agama di dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan peserta didik. Peran serta orang tua juga sangat dibutuhkan untuk membentuk pribadi yang baik. Nilai-nilai agama yang diajarkan untuk membentuk perilaku dan sikap seseorang sangat tergantung dari seberapa dalam nilai-nilai agama itu tertanam dalam dirinya. Semakin dalam nilai-nilai agama yang tertanam di dalam diri seseorang, maka watak dan sikap religiusnya akan terlihat dan terbentuk secara otomatis. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang muslim untuk mempelajari dan memperdalam akidah dan tauhid. Salah satunya dengan mempelajari kitab Niat Ingsun Ngaji karya K.H. Badawi Hanafi Kesugihan. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang muslim untuk mempelajari dan memperdalam akidah dan tauhid. Salah satunya dengan mempelajari kitab Niat Ingsun Ngaji karya K.H. Badawi Hanafi Kesugihan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Pengumpulan data yang digunakan penulis adalah pengumpulan data riset kepustakaan untuk mengupas nilai-nilai pendidikan tauhid dalam kitab Niat Ingsun Ngaji. Berdasarkan pada hasil penelitian terhadap kitab Niat Ingsun Ngaji terdapat nilai-nilai pendidikan tauhid, diantaranya: nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Tauhid, Kitab Niat Ingsun Ngaji.
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.4 Nabi dan Rasul
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhea Alfa Reza sdri
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:17
Last Modified: 10 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item