Internalisasi akhlak mulia dalam kegiatan bina pribadi islam di sdit bina insan kamil sidareja cilacap

Elfira Latifatul, Khanani (2022) Internalisasi akhlak mulia dalam kegiatan bina pribadi islam di sdit bina insan kamil sidareja cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELFIRA LATIFATUL KHANANI_INTERNALISASI AKHLAK MULIA DALAM KEGIATAN BINA PRIBADI ISLAM DI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA CILACAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat membawa manfaat dan kerusakan apabila tidak mampu menyaringnya dengan baik serta tidak adanya pengawasan dari orang tua yang mengakibatkan terkikisnya akhlak yang dapat terjadi pada anak-anak. Pergaulan dalam lingkungan yang tidak mendukung juga menyebabkan kasus penyimpangan yang dilakukan anak-anak. Maka dari itu tindakan pencegahan diperlukan dalam mengatasi masalah tersebut. Dengan keadaan tersebut, sekolah sebagai tempat menuntut ilmu dapat menginternalisasikan akhlak mulia melalui sebuah kegiatan. Sekarang ini sudah ada sekolah yang melakukan hal tersebut dengan memasukkan kedalam jam pembelajaran yang ada maupun kegiatan yang ada diluar pembelajaran, sehingga kegiatan tersebut mendukung internalisasi akhlak mulia siswa salah satunya yaitu kegiatan Bina Pribadi Islam yang ada di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap. Dari pemikiran tersebut, yang menjadi masalah penelitian adalah bagaimana internalisasi akhlak mulia dalam kegiatan Bina Pribadi Islam di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi akhlak mulia yang ada dalam kegiatan Bina Pribadi Islam yang berlokasi di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap. Dengan subjek penelitian meliputi Guru, Siswa, dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa internalisasi akhlak mulia dalam kegiatan Bina Pribadi Islam di SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi Morning Motivation, Pembacaan Asmaul Husna, Pembiasaan Shalat Dhuha, Shalat Dhuhur Berjamaah, Tahfidz Tartil Al-Qur’an, dan Mentoring. Materi yang disampaikan dalam internalisasi akhlak mulia yaitu aqidah dan akhlak, sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Akhlak Mulia, Kegiatan Bina Pribadi Islam.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elfira Latifatul Khanani sdr
Date Deposited: 06 Aug 2022 02:09
Last Modified: 06 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item