PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK

Nida An, Khofiyya (2022) PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nida An Khofiyya_Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif NU 1 Cilongok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang penting dan dibutuhkan oleh siswa dalam menyelesaikan berbagai masalah matematis yang ada. Selain memerlukan kemampuan dalam penyelesaian masalah, siswa juga perlu memiliki sikap dalam dirinya yang mendukung proses tersebut agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Keberhasilan dalam suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya resiliensi matematis. Adanya resiliensi matematis menjadikan siswa tidak mudah menyerah dan terus berusaha dalam memecahkan masalah. Peningkatan kemampuan koneksi matematis dapat dimungkinkan dipengaruhi oleh resiliensi matematis ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok yang berjumlah 199 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 133 siswa berdasarkan perhitungan rumus slovin dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok. Hal ini dibuktikan dengan pengujian dua variabel yang menunjukkan nilai signifikansi 0.000 ≤ 0.05. Persamaan regresi linier sederhana diperoleh Ŷ = 1.918 + 0.834X. Besar pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok ditunjukan pada koefisien determinasi sebesar 0.284 atau 28,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Matematis, Koneksi Matematis, Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nida An Khofiyya
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:42
Last Modified: 05 Aug 2022 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item