IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yeti, 1223302052 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
YETI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab mulanya berpusat pada guru (teacher centered learning), pola pembelajarannya pasif, hanya berfokus pada buku teks dan pada hafalan mufrodat saja. Serta adanya faktor lain seperti tantangan masa depan, globalisasi dan kemajuan teknologi, serta persepsi masyarakat yang menganggap pendidikan terlalu menitik beratkan pada aspek kogitif dan kurang bermuatan pada karakter untuk memperbaiki moral. Untuk itu pemerintah menerapkan pendekatan saintifik kurikulum 2013 sebagai upaya menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman dan tuntutan teknologi. MAN Purwokerto 2 merupakan sekolah dibawah naungan Kementrian Agama yang sudah menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga perlu adanya gambaran dari penerapan pendekatan saintifik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Purwokerto 2. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, mengambil objek penelitian pada pembelajaran bahasa Arab di MAN Purwokerto 2. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Kurikulum, Guru bahasa Arab dan Siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan cukup baik dalam pembelajaran bahasa Arab, mesikpun dalam kegiatan menanya masih belum maksimal, tetapi guru berusaha selalu memotivasi peserta didik. Guru sudah baik dalam memperhatikan penyusunan RPP. Walaupun pada skenario pembelajaran guru belum sepenuhnya melakukan sesuai dengan RPP yang ada. Evaluasi sudah terlaksana dengan baik mencakup ketiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sarana prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung dari penerapan pendekatan saintifik, sedangkan faktor penghambat yaitu peserta didik itu sendiri yang masih butuh banyak motivasi dan bimbingan. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, dan MAN Purwokerto 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:35
Last Modified: 14 Nov 2016 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item