Self Injury Pada Remaja Perempuan Urban Perkotaan Di Kota Tangerang

Nur, Aprilia (2022) Self Injury Pada Remaja Perempuan Urban Perkotaan Di Kota Tangerang. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Hafizh Puji Aprilia_Self Injury pada Remaja Perempuan Urban Perkotaan di Kota Tangerang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya manusia memiliki keinginan dalam pemenuhan gaya hidup yang tiada habisnya, faktor lainnya juga bisa dari tuntutan lingkungan. Sama halnya dengan remaja perempuan urban yang tinggal di perkotaan. Dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah harus tetap berkembang di lingkungan yang baru, akhirnya banyak emosi yang tertampung dalam diri remaja. Sulitnya menumpahkan emosi menyebabkan remaja cenderung melakukan penyaluran emosi kearah negatif, seperti self harm atau self injury atau yang dikenal dengan perilaku menyakiti diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk self injury pada remaja perempuan urban perkotaan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 subjek perempuan urban perkotaan yang ada di kota Tangerang. Ada beberapa faktor penyebab remaja melakukan self injury seperti hidup dalam keluarga yang tidak rukun, pengalaman kekerasan atau tidak dipedulikan saat mengutarakan isi hati. Serta banyaknya problem remaja yang dihadapi menyebabkan kecenderungan melakukan self injury diantaranya masalah religiusitas, masalah keluarga, dan masalah kepribadian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Penyebab dari perilaku self injury ini adalah diri sendiri dan lingkungan, kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya empati dari orang sekitar pada apa yang dialami pelaku self injury sehingga ketiga subjek mengalami bentuk self injury yang berbeda-beda. Dari bentuk self injury yang dilakukan ketiga subjek meliputi menyayat lengan, menjambak rambut dalam jumlah yang banyak, mencakar kulit dan mengkonsumsi obat melebihi dosis. Serta memiliki penyebab yang berbeda, mulai dari masalah keluarga, percintaan, dan masalah religiusitas yang dialami oleh remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self injury, modernitas, remaja perempuan urban
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Hafizh Puji Aprilia sdri
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:24
Last Modified: 05 Aug 2022 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item