HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DENGAN PENGAMALAN SIFAT AL HAYA BAGI IPPNU DESA KARANGTENGAH KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Alisa, Zanuba Nahdliyati (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DENGAN PENGAMALAN SIFAT AL HAYA BAGI IPPNU DESA KARANGTENGAH KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ALISA ZANUBA NAHDLIYATI_1817402090_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Aplikasi TikTok mengalami peningkatan yang signifikan setelah terjadinya wabah Covid-19 di seluruh dunia yang mengakibatkan banyak karantina dan merumahkan segala kegiatan. Menggunakan TikTok dianggap sebagai hiburan yang cukup menghilangkan rasa bosan dan tetap bisa berinterkasi dengan banyak orang. Mulai dari usia anak-anak hingga lanjut usia, dengan pengguna terbanyak adalah remaja. Remaja adalah masa dimana sesorang mencari jati diri dan ingin diakui. Banyak hal yang bisa didapatkan jika seseorang terkenal melalui TikTok, seperti mendapatkan tawaran mengiklankan barang/jasa yang akan dibayar sehingga menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah, masuk televisi, dll. Hal ini dilakukan oleh banyak orang tanpa memperhatikan norma agama dan masyarakat, tanpa mempertahanakan keimanan, yang salah satunya adalah iman malu. Malu merupakan cabang iman dan salah satu sikap yang disukai oleh Allah. Kenyataanya kebanyakan remaja kini kurang memiliki iman yang satu ini, seperti berpakaian terbuka, berpacaran, berjoget demi konten TikTok dengan gerakan yang tidak senonoh, mengumbar aib diri sendiri dan banyak hal lain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan pengamalan sifat Al-Haya (malu) bagi IPPNU Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas Dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif Korelasi. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh anggota diikut sertakan sebagai sampel penelitian. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket sehingga data yang dihasilkan adalah data ordinal sehingga pengujian data menggunaka uji Spearman Rank dengan pengolahan data yang dibantu aplikasi SPSS 20.0 Menghasilkan signifikasi korelasi hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan Pengamalan sifat Al-Haya sebesar 0,338 > 0,05 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terhadap hubungan antara Penggunaan aplikasi TikTok dengan Pengamalan sifal Al-Haya bagi IPPNU Desa Karangtengah Kecamtana Baturraden Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Sifat Al-Haya, IPPNU
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alisa Zanuba Nahdliyati sdri
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:22
Last Modified: 05 Aug 2022 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item View Item