PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR KHOIRU UMMAH KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP

Rahmah, Maya Shinta (2022) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR KHOIRU UMMAH KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
RAHMAH MAYA SHINTA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR KHOIRU UMMAH KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hal dasar yang dibutuhkan oleh setiap individu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya sekaligus menjunjung tinggi seorang martabat manusia. Dalam pembahasan pendidikan tentunya tidak terlepas dari pendidik, peserta didik serta proses pembelajaran itu sendiri. Dalam pembelajaran tentunya diinginkan suatu kualitas pembelajaran yang baik. Untuk memenuhi kualitas pembelajaran yang baik dapat terindikasi oleh beberapa faktor yang berkaian dengan pendidik, guru dan lingkungan sekitar yang mampu mendukung terciptanya kualitas pembelajaran yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Anak Sekolah Dasar (SD) SD Khoiru Ummah Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap yang meliputi materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pengajar kelas umum sekolah dasar di SD Khoiru Ummah sekaligus pengurus SD Khoiru Ummah. Teknik analisis yang digunakan adalah odel interaktif menurut Milles dan Huberman meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran IPS Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar Khoiru Ummah Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Dalam tahap perencanaan guru melakukan beberapa tahapan diantaranya guru merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, menentukan media dan metode pembelajaran serta menentukan evaluasi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru menggunakan tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan bersumber pada buku paket maupun LKS, metode pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan yaitu buku paket, gambar, alat peraga, kapur dan papan tulis. Sedangkan evaluasi pembelajaran yang digunakan yaitu evaluasi tes dan evaluasi non tes brupa penialain sikap dan kebiasaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Anak Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmah Maya Shinta sdri
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:19
Last Modified: 05 Aug 2022 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item