NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU YANG BERJUDUL SECANGKIR KOPI BERPIKIR POSITIF ISLAMI KARYA JALALUDDIN ALTARA

Faidil, Fathurrahman (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU YANG BERJUDUL SECANGKIR KOPI BERPIKIR POSITIF ISLAMI KARYA JALALUDDIN ALTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FAIDIL F_1717402189 (2) (1) (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Agama Islam adalah agama yang mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islamnya, terutama dalam hal pendidikan. Dengan berkembangnya media-media pembelajaran di era modern ini, buku mulai tidak disukai terutama oleh anak-anak. Padahal sejak dini seorang anak agar wawasanya luas harus di tuntun dengan budaya literasi agar ilmu pengetahuan luas. Namun disisi lain peran orang tua dan guru untuk mendampingi apa yang dibaca oleh anak agar tidak salah, karena di era sekarang banyak buku-buku yang belum layak dibaca oleh anak beredar luas di pasaran. Buku yang layak dibaca oleh anak ataupun segala umur pastinya akan memberikan dampak positif bagi kehidupanya seperti buku Secangkir Kopi Berpikir Positif islami Karya Jalaluddin Altara. Buku ini berisi tentang tuntunan kehidupan agar selalu bisa berperilaku dan berpikir positif. Buku ini juga daapat mengedukasi anak-anak dan membantu para pengajar dan orang tua dalam hal mengenalkan nilai-nilai pendidikan Islam. adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku yang berjudul secangkir Kopi Berpikir Positif Islami karya Jalaluddin Altara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku yang berjudul Secangkir Kopi Berpikir positif Islami Karya Jalaluddin Altara. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu Buku Secangkir Kopi Berpikir positif Islami Karya Jalaluddin Altara. Sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam Dalam buku yang berjudul Secangkir Kopi Berpikir Positif Islami Karya Jalaluddin Altara mengandung nilai pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah. Adapun kandungan nilai pendidikan Islam tersebut yaitu: pertama, nilai pendidikan akidah dalam buku yang berjudul Secangkir Kopi Berpikir Positif Islami Karya Jalaluddin Altara meliputi: Iman kepada Allah SWT, Iman kepada Rasul, dan Iman kepada Qada dan Qadhar. Kedua, berani, bertanggung jawab, jujur, menghormati orang lain, janji, tidak mudah menyerah, silaturahmi, sabar, ikhlas, bersyukur, husnudzon, berpikir dan berperilaku positif. Ketiga, nilai pendidikan ibadah, yang meliputi: berdoa, dzikir, salat Lima waktu. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Buku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Buku
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAIDIL FATHURROHMAN sdr
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:01
Last Modified: 04 Aug 2022 08:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item