PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 CIPARI

ZULFA, ALVIATUR ROKHMAH (2022) PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 CIPARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZULFA ALVIATUR ROKHMAH_1717407074_SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak hanya mengedepankan aspek intelektual semata, tetapi juga mengembangkan aspek kecerdasan majemuk dalam individu peserta didik. SMP Negeri 1 Cipari tidak hanya unggul di bidang akademik dan non akademik, namun juga mengedepankan pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik. Cara yang dilakukan oleh guru matematika dan sekolah dalam mengembangkan kecerdasan majemuk siswa adalah fokus penelitian saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan kecerdasan majemuk siswa di SMP Negeri 1 Cipari Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data pada analisis data kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian untuk mempermudah memahami deskriptif yang disajikan di hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa cara untuk mengembangkan kecerdasan majemuk yaitu melalui pembiasaan salam yang dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik dan Eksistensial. Kegiatan pembelajaran matematika dengan metode ceramah dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Logis Matematis, Interpersonal dan Intrapersonal. Menyanyi dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Musikal, Logis Matematis dan Kinestetik. Memberikan latihan soal dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik dan Logis Matematis. Kegiatan presentasi dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Logis Matematis, Visual Spasial dan Kinestetik. Permainan dalam pembelajaran dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Logis Matematis, Visual Spasial, Kinestetik, Interpersonal dan Intrapersonal. Pemberian kuis dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Logis Matematis dan Kinestetik. Kegiatan berkelompok menggunakan metode tutor sebaya dapat mengembangkan kecerdasan Linguistik, Logis Matematis, Interpersonal dan Intrapersonal. Kegiatan menggambar dapat mengembangkan kecerdasan Visual Spasial, Logis Matematis dan Kinestetik. Kegiatan pembelajaran matematika di luar kelas dapat mengembangkan kecerdasan Naturalis, Eksistensial, Kinenstetik, Visual Spasial, Logis Matematis, Interpersonal dan Intrapersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Majemuk, Pembelajaran, Matematika.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zulfa Alviatur Rokhmah sdri
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:24
Last Modified: 04 Aug 2022 07:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15317

Actions (login required)

View Item View Item