ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN RANGKAIAN PROSES PERSIDANGAN KASUS RIZIEQ SHIHAB ANTARA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUPLIKA.CO.ID PERIODE MARET 2021

Muhammad Arif, Rizki (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN RANGKAIAN PROSES PERSIDANGAN KASUS RIZIEQ SHIHAB ANTARA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUPLIKA.CO.ID PERIODE MARET 2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat dunia khususnya juga di Indonesia pada zaman sekarang sangatlah kental dengan teknologi komunikasi dan informasi . Maka dari itu dizaman serba modern ini Media pun ikut berdampak karena kemajuan teknologi Komunikasi dengan bermunculannya Media berbasis Online yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja hanya dengan smartphone dan dukungan teknologi Internet.. Penelitian ini menitikberatkan kepada Pemberitaan Kasus yang dilakukan oleh seorang tokoh agama yaitu pemimpin Front Pembela Islam atau sering disebut FPI . Jenis penelitian pada skripsi ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. Metode yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode analisisnya menggunakan teori Analisis Framing Robert N Entman yang menitikberatkan mencari tentang pendefinisian masalah , memperkirakan penyebab masalah, membuat pilihan moral, dan menekankan penyelesaian masalah. Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Framing oleh Robert N Entman yaitu dari media Kompas.com berusaha menonjolkan apa yang menjadi fakta dalam kasus-kasus yang dilakukan oleh Rizieq Shihab secara sangat terinci dan kerap sampai ada yang seperti memojokkan Rizieq Shihab dalam pemberitaannya , itu dikarenakan Kompas.com adalah media Nasional yang netral tidak memihak manapun . Kemudian dari Media Republika.co.id , kontruksi berita yang dilakukan dalam pemberitaan tentang Rizieq Shihab dapat dilihat dalam menentukan masalah yang terkait , pembingkaian lebih jelas dan menurut penulis pemberitaannya lebih sedikit dan juga lebih sedikit bercondong memihak kepada pihak Rizieq Shihab . Hal itu bisa dilihat dari judul hingga kesimpulan pemberitaan yang dibingkai oleh Republika.co.id. yang berbasis media bertema islami yang berbeda dengan Kompas.com yang berbasis Media Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Framing berita, Media Online Kompas.com & Republika.co.id, FPI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Arif Rizki sdr
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:03
Last Modified: 05 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item