PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM MIM SUKUN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI NURUL HUDA CINYAWANG KECAMATAN PATIMUAN KABUPATEN CILACAP

Yunita, Sari (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM MIM SUKUN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI NURUL HUDA CINYAWANG KECAMATAN PATIMUAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yunita Sari 1817405091 PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Cinyawang Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap masih rendah. Jumlah siswa yang tuntas belajar dari 13 siswa baru ada 5 siswa sehingga hasil tersebut belum mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu siswa tuntas belajar > 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan prestasi belaajr dengan menggunakan strategi Index Card Match dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun pada kelas V di MI Nurul Huda Cinyawang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dalam dua siklus . tiap silus terdiri dari indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi : (1)tes, untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa; (2) observasi, semua kegiatan proses pembelajaran untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil tindakan; (3) wawancara, untuk mengetahui pendapat siswa terhadap jalannya proses pembelajaran; dan (4) dokumentasi proses penyediaan dokumen-dokumen dengan menggunakan bukti yang akurat. Hasil dari penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa: 1) penerapan strategi Index Card Match terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun pada siswa kelas V MI Nurul Huda Cinyawang Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap, dan 2) dari penelitian di peroleh kesimpulan bahwa dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan rata-rata nilai klasikal pada pra siklus rata- rata kelas 55, pada silus I meningkat menjadi 56,15 dan di akhir siklus II menjadi 80. Jumlah siswa tuntas belajar dari 13 siswa pada pra siklus baru mencapai 5 siswa, pada siklus I menjadi 6 siswa, dan pada siklus II jumlah tuntas belajar ada 10 siswa. Perolehan siklus II sudah mencapai target yang diharapkan yaitu secara klasikal kelas dinyatakan tuntas belajar jika siswa yang mencapai KKM > 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Hukum bacaan mim sukun, strategi Index Card Match
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Sari
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:13
Last Modified: 04 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item View Item