STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS

MARSIYATI, 102334067 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
Marsiyati_STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Gancang Kecamatan Gumelar, dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Gancang Kecamatan Gumelar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah hasil wawancara dan hasilpengamatan (observasi) terhadap guru dan data sekunder adalah hasil wawancara terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa, serta dokumentasidokumentasi yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih. Subyek penelitian adalah guru sedangkan obyeknya adalah penggunaan stratetgi pembelajaran Mata pelajaran Fiqih. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran sudah mengacu pada ketepatan strategi dengan menyesuaikan materi yang diajarkan serta karakteristik siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran fiqih strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran aktif yang meliputi ekspositori, crossword puzzle, index card match, Card sort, team quis, dan kontekstual komponen pemodelan.Pelaksanaan strategi pembelajaran sudah tidak terpusat pada guru karena siswa diberikan kesempatan terlibat dalam kegiatan pembelajaran, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan jawaban sendiri dari soal yang diberikan guru, dan adanya unsur kompetisi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:34
Last Modified: 14 Nov 2016 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item