PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN MACAM-MACAM ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DAN MATRIK INGATAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU KEDUNGURANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SUGENG RIYADI, 1123306074 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN MACAM-MACAM ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DAN MATRIK INGATAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU KEDUNGURANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Sugeng Riyadi_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan macam-macam energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU Kedungurang Kecamatan Gumelar Banyumas yang disebabkan karena banyaknya materi yang dipelajari dan banyaknya klasifikasi materi sehingga kesulitan membedakan komponen-komponen dari tiap klasifikasi materi. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai terendah untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan macam-macam energi Alternatif dan cara penggunaannya sebelum tindakan atau pra siklus adalah 25. Sedangkan KKM untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MI Ma’arif NU Kedungurang adalah 65. Peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa menggunakan Strategi Guided Note Taking dan Matrik ingatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan macam-macam energi Alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV di MI Ma’arif NU Kedungurang yang berjumlah 9 siswa yang terdiri dari 5 siswa dan 4 siswi. Dalam mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas melalui Pembelajaran dengan Strategi Guided Note Taking dan Matrik ingatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Matrik ingatan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan macam-macam energi Alternatif dan cara penggunaannya. Hal ini dibuktikan dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II yang semakin meningkat. Pada siklus I rata-ratanya mencapai 55,56% dan rata-rata kelas pada siklus II adalah 100% . Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam perlu adanya kreatifitas guru untuk menggunakan strategi Guided Note taking dan Matrik ingatan dalam mengantarkan materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Kata kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Strategi Guided Note Taking dan Matrik ingatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 15 Nov 2016 01:53
Last Modified: 15 Nov 2016 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item