PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA DAN ISLAM NUSANTARA DI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DI KELAS V MIM KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

M.Galih Eka Saputra, 1123306172 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA DAN ISLAM NUSANTARA DI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DI KELAS V MIM KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
M.Galih Eka Saputra_PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) melalui “ Sub Pokok Bahasa Peninggalan Sejarah Hindu – Budha dan Islam Melalui Pendekatan Contekstual Teaching And Learning ( CTL ) Di Kelas V MIM Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga.” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 38 siswa, putra 21 putri 17 dan objeknya adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan adanya peningkatan belajar IPS. Peningkatan hasil belajar bisa dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata–rata nilai pada data awal siswa yaitu 8 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 22 % dan pada akhir siklus pertama nilai rata–rata siswa menjadi 12 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 33 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata–rata siswa naik menjadi 33 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91%. Selain dari meningkatnya hasil belajar siswa, proses pembelajaran didalam kelas ikut meningkat. Kata kunci : Hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 15 Nov 2016 01:53
Last Modified: 15 Nov 2016 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item View Item