POLA KOMUNIKASI ANAK DENGAN ORANG TUA PADA KELUARGA BROKEN HOME DI DESA SOAKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Amalia, Farah Prayitno (2022) POLA KOMUNIKASI ANAK DENGAN ORANG TUA PADA KELUARGA BROKEN HOME DI DESA SOAKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi amel.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Komunikasi antar rumah rumah tangga yang rusak sering disebut dengan krisis keluarga, yang artinya adalah keadaan keluarga tidak mengarah pada kerukunan, keharmonisan dan kesejahteraan yang mengakibatkan di dalam keluarga tidak terjadi komunikasi dua arah yang bersifat demokratis, terutama ayah dan ibu yang dikarenakan suatu hal tertentu. Hal tersebut menyebabkan keluarga menjadi tidak utuh (broken home). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pola komunikasi anak dengan orang tua pada keluarga broken home di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi kemudian wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan teori komunikasi, untuk dapat menentukan pola komunikasi keluarga perlu adanya aspek efektivitas komunikasi interpersonal untuk dapat mennetukan hasil akhir yaitu pola komunikasi keluarga laisez-faire, protektif, pluralistic dan konsensual. Hasilnya menunjukkan bahwa empat keluarga informan memiliki pola komunikasi keluarga yang berbeda dimana masing - masing keluarga tersebut mempunyai pola komunikasi tersendiri setelah mengalami terjadinya perceraian, namun dari 4 (empat) keluarga informan mayoritas menggunakan pola komunikasi pluralistik, yaitu adanya saling keterbukaan sehingga terdapat hubungan komunikasi yang baik, terdapat sikap positif, sikap mendukung, saling menghormati, dan memberikan kebebasan dalam berpendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, anak & orang tua, keluarga broken home.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amalia Farah Prayitno sdri
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:27
Last Modified: 03 Aug 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item