POLA KOMUNIKASI PADA AKUN FACEBOOK JUAL BELI ONLINE (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA GRUP FACEBOOK JUAL BELI KECAMATAN KEBASEN)

Inarotul, Ummah (2022) POLA KOMUNIKASI PADA AKUN FACEBOOK JUAL BELI ONLINE (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA GRUP FACEBOOK JUAL BELI KECAMATAN KEBASEN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INAROTUL UMMAH_POLA KOMUNIKASI PADA AKUN FACEBOOK JUAL BELI ONLINE (Studi Etnografi Virtual Pada Grup Facebook Jual Beli Kecamatan Kebasen).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses komunikasi dilengkapi dengan adanya suatu pola komunikasi yang menjadikanya lebih mudah dalam mengetahui bagaimana cara antar individu saling berinteraksi. Kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang saat ini, khususnya kemunculan internet sangat mempengaruhi segala bidang kehidupan manusia. Salah satunya dalam bidang bisnis online atau yang sering dikenal Onlineshop. Kegiatan bisnis online ini tidak terlepas dari adanya kegiatan komunikasi yang dilakukan, baik antara penjual sebagai komunikator maupun pembeli sebagai komunikannya. Dengan adanya kemudahan dan kemajuan internet saat ini, bisnis online sering kali dilakukan melalui jejaring media sosial, salah satunya facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara penjual dan pembeli dalam jual beli online pada grup Jual Beli Kecamatan Kebasen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Pada penelitian ini, penulis menggunakan studi etnografi virtual, Analisis Media Siber, untuk menggali informasi terkait pola komunikasi, untuk melihat fenomena sosial dan kultur dari pengguna ruang siber. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data tematik etnografi yaitu , Peneliti membuat daftar kategori yang menonjol sesuai dengan tujuan penelitian yang terdapat dalam data-data hasil pengumpulan data , menggolongkan dan mengelompokkan data, Peneliti memberi label terhadap kategori-kategori yang muncul dan membuat kesimpulan-kesimpulan hasil-hasil penelitian. Hasil Penelitian pada skripsi ini, ditemukan bahwa pola komunikasi yang digunakan dalam grup Facebook Jual Beli Kecamatan Kebasen ini menggunakan semua jenis pola komunikasi yang dicetuskan oleh Devito. Dan yang paling sering digunakan pada kegiatan komunikasi jual beli online adalah pola komunikasi primer dan skunder. Selain itu ditemukan pula pola komunikasi yang dilihat dari studi etnografi virtual yaitu: 1) Pada level ruang media membentuk adanya pola komunikasi sekunder. 2) Level dokumen media membentuk adanya pola komunikasi primer dan skunder. 3) Level objek media membentuk adanya pola komunikasi linear dan sirkular. dan 4) Level pengalaman media yang membentuk adanya pola komunikasi dan motif pada grup facebook jual beli online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pola Komunikasi, Jual Beli Online, Facebook, Etnografi Virtual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Inarotul Ummah
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:42
Last Modified: 02 Aug 2022 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item