PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM PENDIDIKAN PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD N 1 TEJASARI KALIGONDANG PURBALINGGA

NUR MOHAMAD KHAMIMUDIN, 1123301168 (2015) PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM PENDIDIKAN PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD N 1 TEJASARI KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
NUR MOHAMAD KHAMIMUDIN_PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan peserta didik dipengaruhi pendidikan meliputi pendidikan formal, pendidikan non formal, dan pendidikan in formal. Pendidikan NonFormal salah satunya ialah Pendidikan Taman AL-Qur’an (TPQ/TPA) yang membina peserta didik agar meningkat prestasi belajarnya. lembaga pendidikan diluar sekolah dalam hal ini TPQ memiliki imbas yang positif terhadap prestasi peserta didik yang mengenyam pendidikan di sekolah dasar, terutama prestasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian dengan judul “Keikutsertaan Dalam Pendidikan Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD N 1 Tejasari kaligondang Purbalingga”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah “Ingin mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keikutsertaan dalam Pendidikan pada TPQ Terhadap Presatasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SD N 1 Tejasari.” Pengaruh keikutsertaan dalam pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang atau benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang yang ikutserta atau tidak dalam Pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang mempengaruhi adanya hasil prestasi yang diperoleh oleh seseorang setelah menjalankan sebuah pembelajaran, dalam hal ini adalah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Proses pengumpulan data , penulis menggunakan metode penelitian lapangan dengan cara terjun langsung dan menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif sehingga cara mencari data mengunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Selanjutnya hasil data dan informasi diolah melalui rumus t-test dan rumus Chi Kuadrat guna menentukan hasil akhir. Setelah dilakukan perhitungan dan perbandingan dengan menggunakan rumus t-test dan chi kuadrat, didapat hasil mengenai adanya perbedaan yang signifikan antara siswa yang ikutserta dalam pendidikan pada TPQ dengan yang tidak ikutserta dalam pendidikan pada TPQ yaitu perbedaan pada prestasi belajar pendidikan Agama Islam. Sehingga disimpulkan keikutsertaan pada TPQ mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD N 1 Tejasari Kaligondang Purbalingga. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPQ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:55
Last Modified: 11 Nov 2016 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item