ANALISIS BUKU TEKS TEMATIK SISWA SD/MI KURIKULUM 2013 DALAM PERSPEKTIF TAKSONOMI KOGNITIF BLOOM

Untung Setyo, Aji (2022) ANALISIS BUKU TEKS TEMATIK SISWA SD/MI KURIKULUM 2013 DALAM PERSPEKTIF TAKSONOMI KOGNITIF BLOOM. Masters thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UNTUNG SETYO AJI_ANALISIS BUKU TEKS TEMATIK SISWA SD MI KURIKULUM 2013 DALAM PERSPEKTIF TAKSONOMI KOGNITIF BLOOM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang menjadi sumber belajar peserta didik adalah buku teks atau buku pegangan peserta didik. Buku teks siswa merepresentasikan interaksi pembelajaran yang mengusahakan suatu tujuan pendidikan yang terarah. Melalui tahapan berpikir yang ada dalam buku teks siswa, menjadi penting untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan tingkatan kognitif yang terdapat dalam buku teks siswa dengan menganalisis secara mendalam berdasarkan teori taksonomi kognitif Bloom. Dengan merepresentasikan taksonomi kognitif Bloom yang terdapat pada buku teks siswa, berimplikasi pada penguatan pemahaman siswa terhadap materi. Dari tujuan penelitian ini dapat diidentifikasi khusus kajian ini adalah; 1) mengeksplorasi buku teks siswa pada taksonomi kognitif Bloom, 2) menganalisis secara mendalam materi pembelajaran pada buku teks siswa berdasarkan perspektif taksonomi kognitif Bloom. Berdasarkan objek kajiannya yakni taksonomi kognitif Bloom yang terdapat dalam buku teks siswa, kajian ini merupakan kajian kualitatif pustaka (library research) dengan pendekatan positivisme. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis teks sebagai sumber data yang dilakukan penelitian pada aspek kognitif untuk diinterpretasikan dan direfleksikan melalui proses identifikasi, pengumpulan data, pereduksian, pengklasifikasi, analisis hingga menemukan dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkatan kognitif Bloom yang terdapat pada buku teks siswa memiliki dominasi yang berbeda berupa; tingkatan kognitif mengingat (C1), memahami (C2), dan menerapkan (C3) disebut (LOTS), serta menganalisis (C4), menilai (C5), dan mencipta (C6) disebut (HOTS). 2) Ditemukan dominasi keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) lebih banyak yang terdapat pada buku teks siswa kelas I dan kelas IV menyimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses kognitif menganalisis, menilai, serta mencipta yang merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kata Kunci : Analisis, Buku Teks, Taksonomi Kognitif Bloom

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Buku Teks, Taksonomi Kognitif Bloom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Untung Setyo Aji sdr
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:33
Last Modified: 02 Aug 2022 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item