IMPLEMENTASI STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG BANYUMAS

AMILIYATUL, FITRIYAH (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMILIYATUL FITRIYAH_1817402093_FIXX TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak bisa terlepas dari penerapan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru adalah strategi pembelajaran student facilitator and explaining. Strategi Student Facilitator and Explaining adalah strategi yang pelaksanaannya guru mampu mendemonstrasikan materi di depan peserta didik lalu memberikan kesempatan peserta didik untuk menjelaskan kepada teman-temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai implementasi strategi student facilitator and explaining dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Ajibarang Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah pembuatan RPP disesuaikan pada materi yang dibahas dengan menggunakan strategi Student Facilitator and Explaining. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap, Pertama, kegiatan pendahuluan yaitu guru melakukan pengkondisian kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran serta menyampaikan materi melalui peta konsep. Kedua, kegiatan inti yaitu guru menerapkan langkah strategi Student Facilitator and Explaining kepada peserta didik. Ketiga, kegiatan penutup yaitu guru melakukan elaborasi. Evaluasi dilakukan dengan tiga cara yaitu tes lisan, tes tertulis dan penugasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi, Student Facilitator and Explaining.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amiliyatul Fitriyah sdri
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:09
Last Modified: 02 Aug 2022 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item View Item