STRATEGI PEMASARAN PRODUK MITRA IQRA PLUS PADA AJB BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH CABANG PURWOKERTO

Sita Azizah, NIM. 1123203001 (2015) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MITRA IQRA PLUS PADA AJB BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH CABANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SITA AZIZAH_STRATEGI PEMASARAN PRODUK MITRA IQRA PLUS PADA AJB BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH CABANG PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan baik oleh perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula dunia usaha dalam menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat mengganggu kesinambungan usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis SWOT. Lokasi penelitian dilaksanakan di AJB Bumiputera Syari‟ah Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi merupakan salah satu strategi yang paling efektif terutama penjualan produk AJB Bumiputera 1912 Syari‟ah Cabang Purwokerto yaitu dengan model reselling, gathering, pusat pengaruh, presentasi dan referesi. Kekuatan dari produk mitra Iqra Plus adalah adanya visi misi Syari‟ah, adanya sertifikasi halal MUI dapat digunakan untuk perencanaan, investasi tabungan pendidikan, adanya ketransparanan tidak mengenal dana hangus dan peremi bisa dibayarkan sesuai kesepakatan awal. Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang mekanisme dan operasional perasuransian Syari‟ah, masyarakat terlanjur dekat dengan praktek asuransi konvesional, kurangnya tenaga financial advisor dan kurangnya jaringan Syari‟ah. Peluang dari produk mitra Iqra Plus adalah adanya kebutuhan masyarakat, meningkatnya biaya pendidikan, jumlah penduduk 80% beragama Islam, proteksi yang dijanjikan perusahaan dan globalisasi. Ancaman untuk produk mitra Iqra Plus adalah lunturnya kepercayaan terhadap sales, sarana investasi Syari‟ah yang ada kurang mendukung, keadaan ekonomi yang masih labil, munculnya produk sejenis dari lembaga keuangan lain, citra lembaga keuangan Syari‟ah belum mapan di mata masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, penjulanan produk Mitra Iqra Plus, analisis SWOT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 09 Nov 2016 08:06
Last Modified: 09 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item