Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Kajian Kitab Jazariyah di Pondok Pesantren al-Falah Mislakhul Muta'alimin Karangtengah Warungpring Pemalang

Nizar, Aulia Zulfian Syah and UNSPECIFIED (2022) Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Kajian Kitab Jazariyah di Pondok Pesantren al-Falah Mislakhul Muta'alimin Karangtengah Warungpring Pemalang. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nizar Aulia Zulfian Syah_Naskah Skripsi Siap diserahkan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembeljaran sangatlah penting diaktualisasikan untuk mencerdaskan setiap anak di negeri ini serta meningkatkan mutu pribadi pada setiap pribadi manusia. Belajar tidak memandang usia, sampai kapanpun belajar harus terus terlaksna. Al-Qur’an adalah kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, diantara tujuannya adalah untuk menajdi pedoman dan menjadi perunjuk bagi seluruh umat manusia di bumi ini. Untuk memahami isi al-Qur’an perlu adanya pembelejaran yang mendalam. Ilmu dasar al-Qur’an adalah ilmu bagaiman cara membacanya dengan baik dan benar. Supaya menghindari kesalahan membaca ayaat-ayat Allah ini setaip insan sangatlah perlu mempelajari ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah menyampaikan pembelajaran ilmu tajwid melalui kajian kitab Jazariyah di pondok pesantren al-Falah Mislakhul Muta’alimin Karangtengah Warungpring Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitianlapangan yang berjenis deskriptif kualitatif, yang mana lokasi penelitainnya bertempat di Pondok Pesantren al-Falah Mislakhul Muta’alimin Karangtengah Warungpring Pemalang, dengan subjek penelitian meliputi, pengajar, santri, alumni, serta pengurus. Serta mendapatkan hasil bahwa metode yang digunakan untuk memahami ilmu tajwid menggunakan kajian kitab Jazariyah ada tiga, ketiga tersebut adalah: 1) menghafal srtiap nadzom guna untuk mempermudah dalam pemahaman, 2) lalaran (membaca setiap nadzom pada kitab dengan nada yang sudah ditentukan) guna untuk mempermudah menghafal dan mengingat-ingat nadzom yang sudah dihafalkan, 3) memahami kitab dengan mempelajari ilmu alat yaitu ilmu nahwu dan shorof.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ilmu Tajwid
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nizar Aulia Zulfian Syah sdr
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:58
Last Modified: 02 Aug 2022 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item