MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI MA'ARIF 01 ADIMULYA WANAREJA CILACAP

Rossy, Roudlotul Hujjah (2022) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MI MA'ARIF 01 ADIMULYA WANAREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rossy Roudlotul Hujjah 1817401080 Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di MI Ma'arif 01 Adimulya Wanareja Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan proses pelayanan dan pencatatan siswa dalam penerimaan siswa baru. Setiap tahun MI Ma’arif 01 Adimulya melakukan agenda penerimaan peserta didik baru. Penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan dalam jangka waktu dua belas hari. Dalam pelaksanaan PPDB, MI Ma’arif 01 Adimulya melakukan pendaftaran secara manual. Peserta didik yang mendaftar secara otomatis di terima tanpa melalui tes dan telah memenuhi syarat yang telah di tentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen penerimaan peserta didik baru serta peluang dan hambatan yang di hadapi MI Ma’arif 01 Adimulya dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MI Ma’arif 01 Adimulya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Perencanaan dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan PPDB, dimulai dengan pembentukan panitia, menentukan syarat-syarat bagi peserta didik baru, persiapan media, persiapan administrasi dan sarana prasarana. Pengorganisasian penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan cara dipilih oleh kepala sekolah dalam rapat pembentukan panitia. Pelaksanaan dimulai pada tanggal 19 Juli 2021-31 Juli 2021. Peserta didik yang diterima melakukan daftar ulang pada waktu yang telah di tentukan. Pengawasan kegiatan penerimaan peserta didik baru MI Ma’arif 01 Adimulya berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan dan mendapatkan peserta didik setelah melewati proses pendaftaran hingga daftar ulang. Peluang dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru di MI Ma’arif 01 Adimulya yaitu panitia memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya, kerja sama yang baik antar panitia dan adanya program unggulan yang diminati masyarakat. Sedangkan hambatan yang di alami yaitu adanya miskomunikasi antar panitia PPDB. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik oleh kepala sekolah, panitia PPDB dan menjadi bahan evaluasi agar tidak terulang kembali pada tahun berikutnya. Evalusi dilakukan setelah kegiatan penerimaan peserta didik baru selesai dengan mengadakan rapat yang dipimpin oleh kepala sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rossy Roudlotul Hujjah sdri
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:30
Last Modified: 02 Aug 2022 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item