PENGARUH CITRA MEREK DAN ORIENTASI GAYA FASHION ISLAMI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MEREK ERIGO PADA REMAJA MUSLIM DI KABUPATEN BANYUMAS

Enggar, Pangesti (2022) PENGARUH CITRA MEREK DAN ORIENTASI GAYA FASHION ISLAMI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MEREK ERIGO PADA REMAJA MUSLIM DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Enggar Pangesti_Pengaruh Citra Merek dan Orientasi Gaya Fashion Islami terhadap Keunggulan Bersaing Produk Merek Erigo pada Remaja Muslim di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di zaman serba modern ini, pakaian berkembang sangat pesat. Kualitas pakaian yang baik dan menarik menjadi pilihan tersendiri dari berbagai kalangan. Perkembangan fashion merek lokal Indonesia mengalami peningkatan dalam pasar Indonesia bahkan Luar Negeri. Salah satu merek lokal sedang ramai diminati dikalangan anak muda yaitu Erigo. Dibuktikan dengan menjadi satu-satunya merek lokal yang mengikuti ajang bergengsi di Dunia yaitu New York Fashion Week. Selain itu Erigo melakukan pemasaran dalam skala internasional dengan memasang iklan di Time Aquare New York, Amerika Serikat. Hal tersebut menjadi satu langkah lebih maju dari merek lainnya. Segmen pasar Erigo sendiri adalah anak muda, dimana mereka sedang mencari jati diri dalam mengikuti sebuah trend. Remaja Kabupaten Banyumas menjadi objek dalam penelitian ini, karena Banyumas menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki jumlah pelajar dan mahasiswa terbanyak urutan pertama dalam lingkup Bralingmascakeb. Selaras dengan sebuah trend fashion pastinya seorang remaja muslim harus berpakaian sesuai dengan syariat Islam. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing yaitu citra merek dan orientasi gaya fashion Islami. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah citra merek dan orientasi gaya fashion Islami mempengaruhi keunggulan bersaing produk merek Erigo. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari Kuisioner. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 150 responden yang merupakan remaja muslim Kabupaten Banyumas. Teknik pengolahan data menggunakan uji instrumental penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Serta orientasi gaya fashion Islami berpengaruh positif keunggulan bersaing. Hasil analisis menyebutkan bahwa variabel citra merek dan orientasi gaya fashion Islami memiliki pengaruh lebih besar yaitu 58,6% terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan selebihnya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci : Citra Merek, Orientasi Gaya Fashion Islami, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Orientasi Gaya Fashion Islami, Keunggulan Bersaing
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Enggar Pangesti
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:27
Last Modified: 02 Aug 2022 01:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item