STRATEGI PENYIARAN RADIOQU 89.6 FM PURBALINGGA DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR

Khodijatul, Ifroh (2022) STRATEGI PENYIARAN RADIOQU 89.6 FM PURBALINGGA DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khodijatul Ifroh_Strategi Penyiaran RadioQu 89.6 Fm Purbalingga Dalam Menarik Minat Pendengar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

RadioQu 89.6 Fm Purbalingga merupakan satu-satunya radio dakwah di Purbalingga yang menyebarkan ajaran Islam dengan ideologi Ahlussunnah Wal Jama’ah. RadioQu Purbalingga hadir memberikan warna siaran yang menyejukkan dan penuh makna dengan mengunggulkan program siaran yang dimilikinya serta tidak menggurui sesuai dengan tagline RadioQu 89.6 FM Purbalingga yaitu “Inspirasi Spirit Hati”. Tingkat persaingan radio di Purbalingga yang cukup tinggi dalam merebut perhatian audiens membuat pengelola RadioQu Purbalingga harus semakin jeli dalam membidik pendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penyiaran RadioQu Purbalingga sehingga dapat menarik banyak pendengar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif terkait strategi penyiaran RadioQu Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah penulis melakukan penelitian dan dengan merujuk teori Susan Tyler Eastman, maka penulis menyimpulkan bahwa “Strategi Penyiaran RadioQu 89.6 Fm Purbalingga Dalam Menarik Minat Pendengar” yaitu pertama, Strategi Kesesuaian bahwa RadioQu Purbalingga membuat program siaran sesuai dengan tipe pendengar dan timing yang pas dengan kegiatan sehari-hari para pendengarnya. Kedua, Strategi Pembentukan Kebiasaan dilakukan dengan pemilihan program yang baik sesuai dengan format program yang dikemas dalam penjadwalan program siaran yang tepat dan konsisten. Ketiga, Strategi Pengontrol Arus Pendengar salah satunya dilakukan dengan membuat wadah untuk komunitas pendengar RadioQu yaitu WhatsApp Group “Sahabat RadioQu Purbalingga”. Keempat, Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber program bahwa Pengelola RadioQu Purbalingga selalu berupaya menjaga dan melindungi sumber-sumber program siaran. Kelima, Strategi Daya Penarik Massa RadioQu berupaya memperhatikan kebutuhan para pendengarnya dengan terus menyajikan program-program siaran yang menarik. Kata Kunci : Strategi, RadioQu Purbalingga, Pendengar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, RadioQu Purbalingga, Pendengar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khodijatul Ifroh sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:49
Last Modified: 01 Aug 2022 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item