PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA

Nurul, Ma'unah (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIKRAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Ma'unah_Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMP N 2 Patikraja.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis membantu siswa untuk memecahkan persoalan-persoalan dalam bidang matematika maupun kehidupan sehari-hari. Matematika membekali siswa dalam membentuk dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Media pembelajaran dapat merangsang pikiran siswa melalui informasi yang dikemas secara menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran matematika berbasis realistik yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi garis dan sudut kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini adalah video pembelajaran matematika berbasis realistik valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi garis dan sudut kelas VII. Hasil validasi ahli materi sebesar 81% dan ahli media sebesar 91,14% dengan kriteria sangat valid pada keduanya. Respon terhadap produk berada pada kriteria sangat layak, yakni kelompok kecil sebesar 86,125%, kelompok eksperimen sebesar 83,21% dan guru sebesar 92%. Efektivitas video pembelajaran matematika berbasis realistik ditunjukkan dengan peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen yakni rata-rata skor N-Gain 0,60 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata skor N-Gain yakni 0,44.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, realistik, berpikir kritis matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurul Ma'unah sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:46
Last Modified: 01 Aug 2022 07:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item