DAKWAHTAINMENT DI KALANGAN GENERASI Y DAN Z (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN PADA CHANNEL YOUTUBE VDVC RELIGI)

Dyah Titi, Sumpenowati (2022) DAKWAHTAINMENT DI KALANGAN GENERASI Y DAN Z (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN PADA CHANNEL YOUTUBE VDVC RELIGI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dyah Titi Sumpenowati_ DAKWAHTAINMENT DI KALANGAN GENERASI Y DAN Z (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN PADA CHANNEL YOUTUBE VDVC RELIGI).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Internet dan perkembangannya memberikan dampak dan pengaruh terhadap kehidupan umat manusia. Generasi Y dan Z merupakan generasi yang lahir dan tumbuh bersamaan dengan keberadaan internet sehingga keduanya merupakan generasi yang akrab dengan keberadaannya. Media sosial merupakan media yang lahir berkat adanya pertumbuhan internet. Youtube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh generasi Y dan Z. Fakta bahwa sebagian besar generasi muda (generasi Y dan Z) menghabiskan 7-10 jam sehari di internet, sementara saat ini banyak hal yang viral dan menjadi tren justru merupakan hal yang negatif membuat keberadaan dakwah sangat dibutuhkan.Dikarenakan dakwah mengandung ajaran yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits yang di dalamnya terkandung ajaran kebaikan, dan nilai-nilai keislaman yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter. Dakwahtainment merupakan metode dakwah yang adaptif dan fleksibel dikarenakan menggabungkan unsur dakwah dengan hiburan, sehingga konsep dakwah seperti ini dapat diterima dengan mudah oleh berbagai kalangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis analisis framing. Analisis framing digunakan untuk mengetahui bagaimana media membingkai suatu realitas, dan jenis analisis framing yang digunakan adalah analisis framing Robert N. Entman. VDVC Religi merupakan salah satu channel youtube dakwah yang menerapkan konsep dakwahtainment dalam konten dakwahnya yakni program “Kata Ustadz”. VDVC Religi mengemas dakwahnya dengan kekinian menyesuaikan dengan karakteristik generasi Y dan Z, yakni dengan menyajikannya dalam bentuk sosial experiment dan reaction video yang membahas realitas dan persoalan generasi Y dan Z. Dakwahtainment dalam channel youtube VDVC Religi ditampilkan dalam durasi waktu yang singkat tidak lebih dari 15 menit sesuai dari karakteristik Generasi Y dan Z yang lebih menyukai video-video singkat dengan pembahasan yang to the point dan juga dengan gaya penyampaian yang lebih santai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dakwahtainment, Generasi Y dan Z, Analisis Framing Robert N. Entman, VDVC Religi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dyah Titi Sumpenowati
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:44
Last Modified: 01 Aug 2022 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item