Nurfuadi, Nurfuadi and Ema, Ulfiatun Khasanah and Khafifatul, Fian (2022) NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi dalam Kitab Irsyadul Muallimin). TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1). pp. 43-55. ISSN 2303-1891; e-ISSN: 2549-2926
|
Text
3. Nurfuadi UIN Purwokerto 43-55.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kepribadian guru pendidikan Islam dalam kitab “Irsyadul Muallimin” Karya K.H. Taufiqul Hakim. Jenis penelitian ini yaitu literatur review dengan teknik pengumpulan data berdasar artikel atau buku yang sesuai topik. Analisis data menggunakan metode analisis dengan penyajian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam kitab Irsyadul Muallimin yaitu guru memiliki kepribadian menyenangkan dengan indikator proaktif, cerdas, empati,bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, disiplin, menghargai siswa, ikhlas, berpikir positif, pemaaf, dan demokratis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Kepribadian, Guru Pendidikan Islam, Kitab Irsyadul Muallimin |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 01:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 01:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15161 |
Actions (login required)
View Item |