NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi dalam Kitab Irsyadul Muallimin)

Nurfuadi, Nurfuadi and Ema, Ulfiatun Khasanah and Khafifatul, Fian (2022) NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi dalam Kitab Irsyadul Muallimin). TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1). pp. 43-55. ISSN 2303-1891; e-ISSN: 2549-2926

[img]
Preview
Text
3. Nurfuadi UIN Purwokerto 43-55.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kepribadian guru pendidikan Islam dalam kitab “Irsyadul Muallimin” Karya K.H. Taufiqul Hakim. Jenis penelitian ini yaitu literatur review dengan teknik pengumpulan data berdasar artikel atau buku yang sesuai topik. Analisis data menggunakan metode analisis dengan penyajian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam kitab Irsyadul Muallimin yaitu guru memiliki kepribadian menyenangkan dengan indikator proaktif, cerdas, empati,bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, disiplin, menghargai siswa, ikhlas, berpikir positif, pemaaf, dan demokratis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Kepribadian, Guru Pendidikan Islam, Kitab Irsyadul Muallimin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:25
Last Modified: 29 Jul 2022 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item