METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH WONOYOSO KEBUMEN TAHUN 2014

AGUS ARROHMAN, 092332044 (2015) METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH WONOYOSO KEBUMEN TAHUN 2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
Agus Arrohman_METODE PEMBELAJARAN NAHWU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah tempat dimana para santri untuk tinggal dan mengaji. Lingkungan ini merupakan gambaran salah satu ciri dari pesantren, yaitu sebagai suatu lembaga pendidikan non formal yang pengertiannya menyuluruh. Pesantren mirip dengan akademi militer atau biara dalam arti bahwa mereka yang berada disana merupakan suatu kultur yang unik. Dalam pengertian itulah saya menyebut keunikan Pondok Pesantren sebagai sebuah subkultur dari masyarakat Indonesia. Pondok Pesantren Al-Hidyah Wonoyoso Kebumen merupakan Pondok Pesantren yang masih terbilang salaf dalam pembelajaran, sederhana, dan terkesan apa adanya, sebagai pendidikan dalam mempelajari ilmu agama terutama dalam hal ini pembelajaran nahwu. Pondok Pesantren Al-Hidayah Wonoyoso Kebumen tidak kalah dengan Pondok Pesantren lainnya yang setingkat lebih maju. Karena perbadaan pada Pondok Pesantren Al-Hidayah Wonoyoso Kebumen ini terletak pada metode pembelajaran nahwunya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang proses metode pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Al-Hidayah pada tahun 2014, diperoleh hasil bahwa ustadz dalam penyampaian materi nahwu menggunakan metode gramatika-tarjamah. Media berupa alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Al-Hidayah Wonoyoso Kebumen menggunakan papan tulis, kapur tulis, spidol, dan materi pembelejarannya menyesuaikan dengan jenjang tingkat kemampuan santri seperti, kelas I kitab Al Jurumiyah, kelas II Murodan Jurumiyah, dan kelas III kitab „Imrithi. Kata kunci: metode, pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 01:25
Last Modified: 10 Nov 2016 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item