POLA PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA BURUH TANI (Studi Kasus Kelompok Tani Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara)

IRSYAD, KHOIRUL FAUZAN (2022) POLA PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA BURUH TANI (Studi Kasus Kelompok Tani Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN PProf. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Irsyad Khoirul F_POLA PENDIDIKAN AKHLAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam terciptanya sebuah pendidikan kepada anak. Pendidikan Akhlak mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia sebagai kontrol sosial bagi diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan dalam lingkup masyarakat. Kemudian pola dalam pendidikan akhlak dalam keluarga terdiri dari berbagai pola dan beberapa metode yaitu seperti pola demokratis, pola permisif, pola otoriter. Metode pendidikan akhlak yang di gunakan dalam menciptakan pendidikan akhlak adalah metode uswatun hasanah, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian, metode dialog Qurani dan Nabawi, serta metode Targhib dan Tarhib. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan mmetode studi kasus (Case Study). Peneliitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dan pengolahan data yang diigunakan denggan tiga macam yaitu analisis data di lapangan telah data dan reduksi data. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan akhlak dalam keluarga buruh tani desa pucang yang tergabung dalam kelompok tani desa Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini memberikan hasil bahwa Pola Pendidikan Akhlak dalam keluarga Buruh Tani masih kurang adanya pembinaan yang maksimal dari para orang tua. Hal itu disebabkan oleh adanya orang tua masih mempunyai pola pemikiran yang mengedepankan materi bukan dari sisi segi akhlakul karimah. Ada beberapa sudah baik berdasarkan pengakuan masyarakat sekitar dan juga buruh tani yang lain. Pada tahap pemberiann fasilitas dalam pendidikan akhlak kurang antusias dalam memenuhi kebutuhan anak baik materi atau dalam pendidikann akhlak itu sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pendidikan Akhlak Buruh Tani, Pola Pendidikan Akhlak Buruh Tani
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irsyad Khoirul Fauzan sdr
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:25
Last Modified: 29 Jul 2022 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item