PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching And Learning) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NURUL HUDA GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ahmad Ngatoullah, 102338138 (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching And Learning) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NURUL HUDA GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
AHMAD NGATOULLOH_Penerapan Pembelajaran Kontekstual (CTL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.Proses pembelajarandalamduniaContextual Teaching And Learning terkenaldengankeaktifan guru dansiswa, keduanyamemilikiperandalam proses pembelajaran, karena pembelajarandalam CTLmenekankankepada proses keterlibatansiswauntukdapatmenemukanmateri yang dipelajaridanmenghubungkannyadengansituasikehidupannyata, sehinggamendorongsiswauntukdapatmenerapkannyadalamkehidupanmereka, dan di sinisiswadilibatkansecarapenuhdalam proses pembelajaran. Persoalan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) pada pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Nurul Huda Gangrungmangu Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama islam telah memenuhi komponen-komponen yang ada pada pembelajaran kontekstual (CTL). Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning), mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, SMP Nurul Huda Gandrungmangu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 01:25
Last Modified: 10 Nov 2016 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item