PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI KELAS IV SEMESTER II MI DARWATA KARANGASEM SAMPANG CILACAP TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

MUKHLISHUN, NIM. 092336069 (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI KELAS IV SEMESTER II MI DARWATA KARANGASEM SAMPANG CILACAP TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MUKHLISHUN_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI KELAS IV SEMESTER II MI DARWATA KARANGASEM SAMPANG CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah adalah prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Darwata Karangasem Sampang pada kompetensi dasar perkembangan teknologi komunikasi masih di bawah KKM, ini di tunjukan dengan nilai terendah individu hanya mencapai 4 , dan nilai rata – rata kelas hanya mencapai 40,00 serta ketuntasan belajar kelas kurang dari 70 %, sebagai solusinya maka di laksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi card sort melalui penelitian tindakan kelas. permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah jika pembelajaran mata pelajaran IPS Kompetensi Dasar Perkembangan Teknologi Komunikasi dengan Strategi Pembelajaran Card Sort akan terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPS di kelas IV MI Darwata Karangasem. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: untuk peningkatan prestasi belajar peserta didik, dengan subyek penelitian meliputi : Peserta didik kelas IV MI Darwata Karangasem, Guru kelas dan pengamat, serta methode pengumpulan data yang di gunakan adalah : Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. PTK ini di laksanakan dalam dua siklus. Siklus I di laksanakan pada tanggal 10- 11 Mei 2012, dan siklus II di laksanakan pada tanggal 18 – 24 Mei 2012. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik, dari kondisi awal sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Perolehan rata – rata tiap tiap siklus yaitu : pada kondisi awal di peroleh rata – rata 59,5 tarap serap 40,00 % peserta didik mempunyai prestasi belajar dengan kreteria kurang. Pada siklus I di peroleh rata – rata 67,75 taraf serap 60,00 % peserta didik dengan prestasi belajar kreteria cukup baik. Dan pada siklus II di peroleh rata – rata 74,5 taraf serap 85,00 % peserta didik dengan prestasi belajar dengan kreteria sangat baik. Selain itu juga terjadi peningkatan aktifitas guru dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas guru pada siklus I di peroleh skor 48 dengan rata- rata 2,82 dengan kreteria baik. Dan pada siklus II di peroleh skor 58 dengan rata – rata 3,41 dengan kreteria sangat baik. Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa menggunakan strategi card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap dalam pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Perkembangan Teknologi Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS .
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:09
Last Modified: 08 Nov 2016 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item