NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KISAH SYEKH AMONGRAGA DALAM BUKU LIMA GURU AGUNG TANAH JAWA (KISAH PERJALANAN SUNYI PARA GURU SUFI KARYA AGUS WAHYUDI

Mukhamad, Ashari (2022) NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KISAH SYEKH AMONGRAGA DALAM BUKU LIMA GURU AGUNG TANAH JAWA (KISAH PERJALANAN SUNYI PARA GURU SUFI KARYA AGUS WAHYUDI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
fix skripsi Mukhamad Ashari 1817402198.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pendidikan agama Islam yang ada di Indonesia. Masalah pendidikan agama Islam ini harusnya menjadi suatu perhatian yang serius karena hal ini juga berkaitan dengan pembentukan kepribadian siswa ataupun manusia Indonesia, seperti halnya pembentukan akhlak, moral, dan juga karakter. Siswa ataupun manusia di Indonesia diharapkan tidak hanya pintar dalam segi intelektual saja namun juga harus dibekali spiritual yang baik agar menjadi pondasi yang kuat, dan menjadikan karakter yang khas yang tidak dimiliki oleh manusia negara lain. Fokus persoalan yang akan digali dari penelitian ini adalah analisis terhadap nilai pendidikan agama islam Syekh Amongraga dalam buku lima guru agung tanah Jawa, dimana penulis memberikan analisis tentang nilai pendidikan agama islam apa yang bisa diambil dari kisah perjalanan hidup Syekh Amongraga yang bisa dijadikan teladan dan juga pelajaran hidup bagi generasi penerus bangsa. Penulis mengambil sumber referensi dari buku dan jurnal yang yang berkaitan dengan kisah perjalanan dan juga terdapat nilai pendidikan agama Islam Syekh Amongraga. Hasil dalam penelitian ini adalah pentingnya nilai pendidikan agama Islam yang harus dimiliki seseorang, sosok Syekh Amongraga dalam penelitian ini hanya sebagai salah satu contoh waliyullah yang bisa dijadikan teladan kehidupan di masa sekarang dan juga masa depan. Dalam pembentukan kepribadian seperti halnya moral dan juga karakter bisa dilatih mulai dari lingkup keluarga dan juga bisa dari lingkungan luar seperti halnya sekolah dan tempat tinggal. Tidak hanya kita mengetahui nilai pendidikan agama Islam saja dalam penelitian ini, namun kita juga menjadi tahu siapa itu sosok Syekh Amongraga, bagaimana kehidupannya, dan juga bagaimana cara dakwah islam yang diajarkan oleh beliau dan masih banyak lagi informasi dan ilmu-ilmu penting yang bisa dijadikan sebagai penambah cakrawala wawasan kita. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Syekh Amongraga, Pembentukan Kepribadian Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Agama Islam, Syekh Amongraga, Pembentukan Kepribadian Manusia.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukhamad Ashari sdr
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:00
Last Modified: 29 Jul 2022 05:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item