NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK KELAS IV SD/MI TEMA 6 CITA-CITAKU EDISI REVISI 2017

NISA AZ-ZAHRA, SALSABILA (2022) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK KELAS IV SD/MI TEMA 6 CITA-CITAKU EDISI REVISI 2017. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISA AZ-ZAHRA SALSABILA_NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEMATIK SD MI TEMA 6 CITA-CITAKU EDISI REVISI 2017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dengan fenomena yang terjadi berkaitan dengan karakter peserta didik, seperti acuh terhadap lingkungan, tawuran, bullying menandakan bahwa kurangnya penanaman nilai-nilai karakter yang kuat dari diri peserta didik sehingga membuat kita harus terbuka dan perlu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Oleh karena itu, perlunya sistem pendidikan menawarkan desain materi, metode serta kurikulum yang mampu membuat peserta didik sadar akan pentingnya karakter dalam kehidupannya serta ditunjang oleh media pembelajaran dalam penelitian ini adalah buku teks tematik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat di dalam Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema 6 Cita-citaku Edisi Revisi 2017. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema 6 Cita-citaku Edisi Revisi 2017, data sekunder terdiri dari buku, jurnal, artikel yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan teknik analisis isi (content analysis) model Krippendorf, digunakan peneliti dalam mendeskripsikan kandungan nilai-nilai karakter pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema 6 Cita-citaku Edisi Revisi 2017. Berdasarkan hasil analisis peneliti, maka isi Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema 6 Cita-citaku Edisi Revisi 2017 memiliki nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Hal ini dapat diketahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema 6 Cita-citaku Edisi Revisi 2017 jika diurutkan menurut frekuensi kemunculan dari yang paling tinggi hingga rendah meliputi nilai rasa ingin tahu, nilai gemar membaca, nilai komunikatif, nilai kerja keras dan nilai kreatif. Dan adanya relevansi lima nilai karakter dengan kata dan frasa kunci Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka meliputi dimensi mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. Kata Kunci : Nilai-nilai karakter, Buku Tematik Kelas IV SD/MI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai karakter, Buku Tematik Kelas IV SD/MI
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Az-Zahra Salsabila sdri
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:27
Last Modified: 29 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item