MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE DUTA-DUTI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

RIAN, HIDAYAT (2022) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE DUTA-DUTI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIAN HIDAYAT_Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Duta-Duti Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Duta-Duti Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karanganyar. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Duta-Duti Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karanganyar dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) tahap prencanaan: membuat silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaraan cooperative learning tipe duta-duti, menyiapkan nama-nama kelompok diskusi dan menyiapkan media pembelajaran, 2) tahap pelaksanaan: membuat kelompok, membagikan tugas atau materi kepada masing-masing kelompok, kelompok berdiskusi sesuai dengan materi yang diberikan guru, masing-masing kelompok mengutus 2 anggota kelompok untuk keliling ke kelompok lain untuk bertukar informasi atau materi, masing-masing kelompok menyimpulkan hasil materi yang telah didapatkan, 3) tahap evaluasi: memlalui tes tertulis Keberhasilan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe duta-duti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu siswa lebih aktif dalam pembelajaran dikelas, siswa belajar mengungkapkan pendapat didepan siswa lainnya dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran meningkat. Kata Kunci: Cooperative Learning, Duta-duti, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cooperative Learning, Duta-duti, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rian Hidayat
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:26
Last Modified: 29 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item