PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MUHAMMADIYAH 01 SLINGA, KALIGONDANG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

NUR AMALINA, 1123301193 (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MUHAMMADIYAH 01 SLINGA, KALIGONDANG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Nur Amalina_PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mutu hasil belajar sebagai produk dari proses belajar dapat dipengaruhi oleh adanya motivasi. Motivasi peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Selain itu, adanya perbedaan kognitif, afektif, maupun psikomotor di antara para siswa mempengaruhi pilihan belajar mereka yang muncul dalam bentuk gaya belajar. Proses penyerapan informasi yang berbeda tersebut nantinya akan tampak manakala mereka belajar dengan cara mereka masing-masing yang dianggap nyaman menurut mereka. Perbedaan-perbedaan tersebut nantinya akan berdampak juga bagi peningkatan hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh dari motivasi dan gaya belajar (gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik) baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Muhammadiyah 01 Slinga, Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III s/d VI yang diambil sampel secara acak sebanyak 55 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel motivasi, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi dan gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) secara sendiri-sendiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MI Muhammadiyah 01 Slinga, dengan kontribusi motivasi terhadap hasil belajar SKI sebesar 15,37% (Fhitung = 9,68), gaya belajar visual sebesar 13,76% (Fhitung = 8,50), gaya belajar auditorial sebesar 10,30% (Fhitung = 6,26), gaya belajar kinestetik sebesar 9,79% (Fhitung = 5,81). Terdapat juga pengaruh yang positif dan signifikan dengan kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama yaitu sebesar 30,25% (Fhitung = 5,42) terhadap hasil belajar SKI. Kata kunci : Motivasi, Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) dan Hasil Belajar SKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 10 Nov 2016 01:24
Last Modified: 10 Nov 2016 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item